v Pengertian Evaluasi
Pada
hakikatnya, evaluasi merupakan suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan
untuk menentukan kualitas ( nilai dan arti ) dari sesuatu, berdasarkan
pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka pembuatan keputusan. Dalam
pembelajaran, evaluasi adalah suatu proses untuk
mengetahui tingkat ketercapaian pembelajaran dengan pengukuran melalui tes untuk
penilaian.
v Hubungan evaluasi, penilaian
dan pengukuran
Menurut saya
hubungan antara ketiga hal diatas sangatlah erat, karena saling berkaitan satu
sama lain. Dalam melakukan evaluasi pembelajaran, seorang guru dapat melakukan
pengukuran terlebih dahulu baru kemudian melakukan penilaian. Tetapi dapat juga
melakukan evaluasi dengan langsung melakukan penilaian.
Dalam belajar dan
pembelajaran, pengukuran itu membandingkan tingkat keberhasilan dengan ukuran
keberhasilan. Sedangkan penilaian itu pembuatan keputusan nilai keberhasilan
belajar dan pembelajaran. Pengukuran itu
bersifat kuantitatif dan penilaian itu bersifat kualitatif.
v Tujuan Evaluasi
- Sebagai data/informasi
dalam menentukan ketercapaian tujuan. Dalam hal ini, pembelajaran berperan
dalam mendapatkan data.
- Menganalisis
proses pembelajaran
- Memperbaiki dan
mengembangkan sistem pembelajaran
- Melakukan tindak
lanjut terhadap proses pembelajaran
v Jenis-jenis Pembelajaran
- Formatif à menitikberatkan perbaikan pada proses
è Dilakukan pada akhir pokok bahasan yang dipelajari.
- Sumatif à menentukan hasil kerja siswa
è Dilakukan pada Ujian akhir semester.
- Diagnostik à menemukan dan menela’ah kelemahan belajar siswa dengan
menganalisisnya
è Dilakukan sepanjang pembelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar