Translate

Kamis, 22 Desember 2011

EVALUASI PEMBELAJARAN


v  Pengertian Evaluasi
Pada hakikatnya, evaluasi merupakan suatu proses yang sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas ( nilai dan arti ) dari sesuatu, berdasarkan pertimbangan dan kriteria tertentu dalam rangka pembuatan keputusan. Dalam pembelajaran, evaluasi adalah suatu proses untuk mengetahui tingkat ketercapaian pembelajaran dengan pengukuran melalui tes untuk penilaian.
v  Hubungan evaluasi, penilaian dan pengukuran
Menurut saya hubungan antara ketiga hal diatas sangatlah erat, karena saling berkaitan satu sama lain. Dalam melakukan evaluasi pembelajaran, seorang guru dapat melakukan pengukuran terlebih dahulu baru kemudian melakukan penilaian. Tetapi dapat juga melakukan evaluasi dengan langsung melakukan  penilaian.
Dalam belajar dan pembelajaran, pengukuran itu membandingkan tingkat keberhasilan dengan ukuran keberhasilan. Sedangkan penilaian itu pembuatan keputusan nilai keberhasilan belajar dan pembelajaran.  Pengukuran itu bersifat kuantitatif dan penilaian itu bersifat kualitatif.
v  Tujuan Evaluasi
  • Sebagai data/informasi dalam menentukan ketercapaian tujuan. Dalam hal ini, pembelajaran berperan dalam mendapatkan data.
  • Menganalisis proses pembelajaran
  • Memperbaiki dan mengembangkan sistem pembelajaran
  • Melakukan tindak lanjut terhadap proses pembelajaran
v  Jenis-jenis Pembelajaran
  1. Formatif               à menitikberatkan perbaikan pada proses
è Dilakukan pada akhir pokok bahasan yang dipelajari.
  1. Sumatif                                à menentukan hasil kerja siswa
è Dilakukan pada Ujian akhir semester.
  1. Diagnostik           à menemukan dan menela’ah kelemahan belajar siswa dengan menganalisisnya
è Dilakukan sepanjang pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar